Rabu, 06 Maret 2013

TIPS MEMILIH PONSEL ANDROID

sudah memutuskan untuk memiliki ponsel android..?? jangan asal memilih dan memebeli ponsel, ada beberapa hal yang mesti dipertimbangkan dahulu dalam memilih. pertimbangan tentu harga, karena ponsel ini termasuk kelas ponsel pintar maka harganya pun rata rata masuk ke dalam kelas menengah ke atas. 
berikut tips memilih ponsel android yang perlu dipertimbangkan :

1. FITUR DASAR
beberapa fitur menjadi standar di ponsel android, seperti camera, layar sentuh, GPS, dukungan konektivitas mobile, sensor accelerometer dan radio. jika sudah tersedia, baru pertimbangkan utnuk mencari fitur lain, seperti misalnya kamera depan untuk video call, sistem operasi terbaru, atau jenis konektivitas jenis terbaru. banyak ponsel android yang tidak memiliki kamera ini, jadi jika menginginkannya carilah fitur tambahan tersebut. biasanya, semakin lengkap fitur sebuah ponsel, harganya pun akan mengikuti, alias semakin mahal. umumnya konektivitas yang tersedia di ponsel android meliputi Wi-Fi, 3G, dan bluetooth. rata rata ponsel jenis ini pun memiliki fitur GPS untuk mendeteksi koordinat lokasi pengguna dan berguna untuk pemetaan serta navigasi online.

2. MERK DAN HARGA
pertimbangan aspek dasar seperti harga dan status barang (bergaransi resmi/black market). awal kemunculannya, ponsel ini dibanderol dinilai kisaran Rp. 3.5 juta ke atas, tapi kini bisa mendapatkan ponsel android dengan harga di bawah Rp. 2 juta. tentu saja, soal harga ini tergantung dari kualitas dan fitur yang ditawarkan ponsel tersebut, keunggulan android bukan hanya terletak pada hardware (yang ditonjolkan oleh vendor) namun juga sisitem operasi, karenanya keterbaruan sistem menjadi hal penting dan akan selalu ada penyempurnaan dan inovasi baru.

3. KETERSEDIAAN UPDATE OS ANDROID
yang perlu diingat adalah tidak semua ponsel android bisa di-upgrade ke versi yang lebih baru, ini menyangkut kebijakan dan inisiatif dari masing masing vendor. ketika Google mengeluarkan versi android terbaru, ketersediaan update tersebut ada dipihak vendor, bukan google. sistem android sendiri memiliki kompatibilitas berbeda untuk masing masing seri dan merk ponsel. anda tidak sembarang melakukan upgrade untuk ponsel jenis tertentu dengan menggunakan firmware milik seri dan merk ponsel android lain. langkah cerdas untuk mnegatasinya adalah dengan memilih merk ponsel dimana vendornya selalu mengikuti dan menyediakan update firmware sistem android terbaru.

4. SISTEM OPERASI
sistem operasi android yang digunakan oleh vendor ponsel sebenernya memiliki lisensi yang berbeda beda, hanya saja hal ini tidak dicantumkan di spesifikasi ponsel. pada dasarnya, google mendistribusikan android melalui dua skema penggunaannya, yakni model Google Mobile Service (GMS) dan  Open Handset Distribution (OHD). ponsel ponsel yang mengadopsi GMS akan mendapat fasilitas penuh, termasuk layanan dari Google dan Android Marketplace. sementara android jenis OHD tidak mendapat kedua layanan tersebut, baik layanan Gmail ataupun pasar online android market. meski tidak lengkap, namun ponsel android jenis OHD dibanderol lebih murah. rata rata ponsel android yang ada sekarang sudah menggunakan model GMS. OHD hanya digunakan pada piranti khusus seperti desktop phone berbasis android.

semoga bermanfaat
sumber : metro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar