Selasa, 19 Oktober 2010

HIKMAH MAULID NABI MUHAMMAD SAW

HIKMAH MAULID NABI MUHAMMAD SAW

 Mengapa kita mengadakan peringatan maulid Nabi Besar Muhammad SAW??
 ingin memperoleh Ridho Allah SWT
 ingin mendapatkan Syafa’at Rosulullsh SAW
 ingin menyatakan Syukur kepada Allah SWT
 ingin menyatakan Cinta kepada Nabi Muhammad SAW
 ingin menjadi penghuni Surga Illahi

 “ Sesungguhnya Allah dan Malaikatnya selalu bersholawat kepada Nabi (Muhammad SAW). Hai orang orang yang beriman bersholawatlah kamu kepadanya, dan ucapkanlah salam kepadanya, dengan salam yang sempurna. ” ( QS. Al Ahzab : 56 )
 Firman Allah ini jelas sekali memberitahukan dengan sungguh sungguh bahwa Allah dan malaikatnya bersholawat, yang karena itu pula Allah memerintahkan kita semua yang beriman yang cinta kepada Rosul-Nya untuk bersholawat.

 Perhatikan ayat Al Quran di bawah ini :
 “ Katakanlah (Ya Muhammad) : “jika kamu (benar benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa dosamu.” Dan Allah Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang. “ ( QS. Ali ‘Imron : 31 )

 Beberapa hadist Nabi tentang keutamaan umat Nabi Muhammad SAW
 Nabi Muhammad SAW bersabda : “umatku ini adalah umat yang dirahmati, di ampuni dan diterima tobatnya”. (HR. Al Hakim dari Anas)
 Nabi Muhammad SAW bersabda : “Umatku ini adalah umat yang dirahmati, tidak ada siksa atasnya di akhirat, siksanya hanya di dunia (berupa) fitnah fitnah, hura-hura, peperangan dan musibah-musibah.” (HR. Abu Dawud dan At-Thabrony di dalam kitab Al-Kabir)
 Nabi Muhammad SAW bersabda : “Umatku ini adalah umat yang diberkahi, tidak diketahui apakah awalnya yang lebih baik atau akhirnya.” (HR. Ibnu “Asakir)

 Pendapat Para ‘Ulama tentang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW :
 Imam Hasan Al-Bashry telah berkata tentang Maulid Nabi SAW : “Andaikata aku memiliki emas sebesar bukit Uhud, maka pasti akan ku dermakan untuk penyelenggaraan pembacaan maulid Rosul” (‘Iaanatuth Tholibin, juz III, hal. 255)
 Syeikh Ma’ruf Ak-Karkhiy berkata : “ barang siapa mempersiapkan makanan, mengumpulkan teman teman, menyalakan lampu, mengenakan pakaian baru, memakai parfum, menghias dirinya untuk membaca dan mengagungkan maulid Rasul, maka kelak di hari kiamat Allah akan mengumpulkannya bersama para Nabi, orang orang yang berada dalam barisan pertama. Dan dia akan ditempatkan di ‘Illiyyin yang tertinggi “.(‘Iaanatuth Tholibin, juz III, hal. 255).
 Nabi SAW bersabda : “ barang siapa yang mencinntaiku, maka dia bersamaku di surga “ (HR. At-Tumudzi)
 Imam Junaid Al Baghdady Rohimahullahu telah berkata : “ barang siapa menghadiri maulid Rosul dan mengagungkan (memuliakan) kedudukannya, maka dia telah sukses dalam keimanan “.(‘Iaanatuth Tholibin, juz III, hal. 364)
 Syeikh ‘Abdullah bin As’ad Al Yaafi’iy Rohimullah telah berkata : ” barang siapa mengumpulkan teman temanya, mempersiapkan hidangan, meyediakan tempat, malakukan kebaikan untuk maulid Nabi dan semua itu menjadi sarana (sebab) pembacaan mauled Rosul, maka di hari kiamat kelak Allah akan membangkitkannya bersama orang orang yang Shiddiq, para Syuhada, dan kaum Sholihin. Dan kelak ia akan berada di surga surga yang penuh kenikmatan “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar