Selasa, 19 Oktober 2010

SHALAT DUHA

SHALAT DUHA
Shalat duha adalah sholat sunah ynag dikerjakan pada waktu matahari sedang naik, yaitu pagi hari sekitar jam 7 – 11.30.
Sekurang kurangnya sholat duha adalah 2 rokaat, dan sebanyak banyaknya 8 rokaat (tiap 2 rokaat salam).

Rokaat pertama setelah membaca surat Al-Fatihah bacalah surat Asy-Syams.
Rokaat yang kedua setelah membaca surat Al-Fatihah bacalah surat Ad-Duha.
Setelah selesai sholat sunah Duha membaca doa sebagai berikut:

Doa Sholat Duha
Yang artinya:
“Ya Allah, Ya Tuhanku, bahwasanya duha itu duha Engkau, dan bagus itu bagus Engkau, dan keindahan itu keindahan Engkau, dan kekuatan itu kekuatan Engkau, dan kekuasaan itu kekuasaan Engkau, dan pemeliharaan itu pemeliharaan Engkau.
Ya Allah Ya Tuhanku, jika keadaan rizkiku dilangit, maka turunkanlah ia, dan jika adanya didalam bumi, maka keluarkanlah ia, jika adanya didalam air atau dilaut, maka keluarkanlah ia, dan jika lambat percepatlah ia, jika sulit gampangkanlah ia, dan jika haram sucikanlah ia, jika jauh dekatkanlah ia, dan jika sedikit perbanyaklah ia, dan jika banyak berkahkanlah ia padaku, dan sampaikanlah dimana saja aku berada. Janganlah Engkau pindahkan aku ke tempat itu. Dan jadikan tanganku di atas, karena menjadi pemberi dan janganlah tanganku dibawah karena jadi tukang minta.
Sesungguhnya Engkau diatas tiap tiap sesuatu maha kuasa. Dengan hak duha Engkau, dan kebagusan Engkau, dan keindahan Engkau, dan kekuatan Engkau, dan kekuasaan Engkau, dan pemeliharaan Engkau, dan tidak ada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Engkau. Sampaikanlah kepadaku apa yang Engkau sampaikan kepada hamba hamba Engkau yang Sholeh.
Dan sholawat atas Allah pada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya beserta para sahabatnya serta keselamatan. Dan puji pujian bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam.” “amiin”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar